Lagu Nasional

NYIUR HIJAU

Powered by mp3crop.com

Objek Arsitektur ditinjau dari Firmitasnya (4)

GRHA SEPULUH NOPEMBER
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
SURABAYA - JAWA TIMUR

http://catatanhariansinabil.files.wordpress.com/2011/09/graha-its.jpg
11Nopember 2012 15.30



   Gedung ini adalah salah satu gedung yang menjadi ikon di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Berikut adalah analisa tentang struktur dan konstruksi dari banguan tersebut.

Dok. Pribadi



   Berdasarkan Penelitian yang telah kami lakukan di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa Struktur rangka atap utama gedung graha 10 Nopember ITS ini menggunakan Struktur Rangka Ruang (Space Frame) dengan grid heksagonal, materialnya berupa pipa besi/tabung. Koneksi antara pipa besi/tabung ini menggunakan Koneksi Thread/Ball Joint. Struktur Rangka ruang (Space Frame) adalah struktur pelat 3 dimensi dengan bentang yang didasarkan pada kekakuan segitiga  dan tersusun dari elemen-elemen yang menahan tarikan atau tekanan aksial saja. Unit spasial rangka ruang yang paling sederhana adalah tetrahedron yang mempunyai 4 sambungan dan 6 elemen structural

   Struktur bangunan graha ITS bagian depan ini menggunakan struktur Post and Beam, dimana dalam struktur ini terdapat hubungan balok dan kolom yang tersusun dan terikat satu sama lain. Pada bangunan depan graha ini sendiri bentuk kolom dibuat membuka ke atas untuk dapat menahan balok di 4 titik berbeda, hal ini ditujukan untuk pembebanan pada satu titik kolom.

Dok. Pribadi



Gedung Graha 10 Nopember ini dibangun dengan struktur  Post and Beam seperti bagian depan bangunannya sendiri, hal ini pertama kali ditunjukkan dengan adanya dimensi kolom yang besar yang memanjang ke atas hingga lantai terakhir dari gedung graha ini. Plat lantai di lantai di lantai atas ditopang oleh balok-balok yang yang saling mengikat dan terikat pada kolom utama yang berdimensi cukup besar tadi. Konstruksinya menggunakan konstruksi beton dan batu bata.  Untuk pondasi dari gedung Graha 10 Nopember ini dengan melihat besar dan ketinggian bangunan  kami coba memperkirakan bahwa pondasi bangunan menggunakan pondasi yang biasanya digunakan untuk bangunan tinggi yaitu pondasi tiang pancang(pile).



Dok. Pribadi

   Kesimpulannya adalah struktur dari dinding dari gedung grha 10 nopemper ini dibangun dengan konstruksi batu bata dan beton dengan menggunakan struktur post and beam.


Daftar Pustaka


žKonstruksi dan Struktur Bangunan, F.D.K Ching

žGoogle.com.
Tanggal akses 2 November 2012, 13.53

žDosen Pembimbing

0 komentar:

Posting Komentar